Manfaat dan Resiko Suplemen Vitamin E 3

Vitamin E dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat vitamin E antara lain menunjang kesehatan kulit, jantung serta sebagai pendukung antioksidan yang mampu melawan serangan radikal bebas terhadap tubuh. Tetapi khusus pada penggunaan vitamin E dalam bentuk suplemen telah menuai beberapa perbedaan pendapat di antara pemerhati kesehatan. Beberapa pihak meyakini bahwa suplemen vitamin E dalam dosis tinggi dalam jangka waktu yang panjang menunjukkan adanya resiko buruk bagi kesehatan manusia. Berikut beberapa opini mereka yang meyakini manfaat dan resiko suplemen tersebut.

Manfaat suplemen vitamin E.

1. Sebagai antioksidan yang membantu tubuh melawan pengaruh buruk radikal bebas. Karena vitamin e dapat larut dalam lemak sehingga mampu menembus membran sel manusia yang kemudian bekerja untuk melindungi organ dalam dari kerusakan sel.

2. Menunjang kesehatan kulit karena manfaat vitamin E mampu menjaga kelembaban kulit, meningkatkan elastisitas kulit, mencegah penuaan dini, mengecilkan pori-pori kulit serta melembutkan kulit tubuh.

3. Manfaat vitamin E juga diperoleh oleh rambut. Suplemen ini diyakini mampu mempengaruhi pasokan darah dalam kulit kepala untuk menjaga folikel rambut yang berada di akar rambut tetap hidup dan memperoleh nutrisi, sehingga rambut dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

4. Suplemen ini mampu mempengaruhi sel-sel yang mengatur kekebalan tubuh, maka membuat sistem imunitas tubuh meningkat yang membuat seseorang lebih kuat melawan serangan penyakit.

5. Mencegah penyakit jantung koroner, karena salah satu manfaat vitamin e adalah membatasi proses oksidasi lemak jahat serta mencegah terjadinya penggumpalan darah yang keduanya menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner. Hal ini berdasar penelitian di luar negeri yang melibatkan 90.000 perawat dengan kesimpulan bahwa asupan vitamin E dosis tinggi mempercepat proses pemulihan penyakit jantung koroner.

Sementara itu, ada beberapa pihak yang merilis informasi adanya efek samping vitamin E yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Suplemen ini memiliki resiko yang buruk bagi kesehatan manusia, antara lain adalah kemungkinan meningkatkan resiko kematian pada manusia. Fakta ini dipublikasikan oleh Johns Hopkins Medicine Office of Corporate pada yahun 2004. Para peneliti di sana mengungkapkan bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin E dalam dosis tinggi yaitu lebih dari 400 IU per hari berkaitan dengan peningkatan resiko kematian pada manusia.

Keyakinan sebagian orang bahwa suplemen vitamin E akan memperpanjang masa hidup karena memiliki efek kesehatan jangka panjang terbantahkan oleh pernyataan Profesor Edgar Miller selaku ketua penulis sekaligus internis dalam kelompok studi tersebut. Penelitian yang dilakukan ini berjalan selama 11 tahun sejak 1993 sampai tahun 2004, dan telah mencapai 19 penelitian terhadap 136.000 orang di tiga negara yaitu Amerika, Cina dan Eropa.

Sumber lain mengungkapkan bahwa penggunaan suplemen vitamin E bersamaan dengan obat lain meningkatkan resiko alergi yang terimplementasi dalam bentuk sesak nafas, mual, sakit kepala, diare, dan gangguan penglihatan. Selain itu efek sampin vitamin E berbentuk suplemen yang dikonsumsi oleh orang yang kekurangan vitamin K justru menimbulkan pendarahan serta menghambat kerja obat penurun tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi.

3 thoughts on “Manfaat dan Resiko Suplemen Vitamin E

  1. Reply dilla Feb 16, 2012 14:18

    ass.wr.wb dok, saya mau bertanya jika saya mengkonsumsi suplemen vit.E yg dlm produknya tertulis 1kapsulnya mengandung 100 IU setiap hari, dan saya konsumsi dlm waktu jangka lama apa ada efek ke depannya? seperti ginjal dsb? trims.

  2. Reply halimah May 3, 2012 12:41

    Bagaimana dengn pemakaian vitamin E untuk kecantikn,apakah juga ada efek sampingnya?

  3. Reply Tika May 24, 2012 11:56

    Mengkonsumsi natural E bs mempercepat kehamilan..

Leave a Reply

  

  

  

9