Cara Mengobati Eksim Secara Alami

Penyakit eksim sudah tidak asing lagi di masyarakat, penyakit ini tidak menular tetapi sangat mengganggu penderitanya karena menimbulkan rasa gatal dan warna kulit tampak kemerah-merahan dan kering. Karenanya orang yang menderita penyakit eksim ingin segera mencari obat eksim supaya tidak semakin meluas.

Untuk mengatasi penyakit eksim ada dua cara yaitu secara kimia dan secara alami. Pengobatan secara kimia yaitu dengan berobat ke dokter yang akan memberi resep obat kimia baik berupa salep maupun obat eksim yang diminum. Biasanya dokter akan memberi obat eksim yang mengandung kortikosteroid sebagai anti inflamasi atau anti radang dan mencegah meluasnya penyakit eksim.

Obat eksim yang mengandung kortikosteroid banyak macamnya, penggunaan obat eksim harus dengan nasehat dokter. Karena bila obat eksim ini digunakan dalam jangka waktu yang lama dapat menghambat produksi hormon adrenalin meningkatkan resiko infeksi mulut misalnya oleh jamur. Selain obat kimia yang disarankan dokter, penyakit eksim juga dapat diobati dengan obat alami dari tumbuh-tumbuhan. Obat alami ini tentu saja lebih aman untuk digunakan.

Ada beberapa jenis tanaman di sekitar kita yang dapat digunakan sebagai obat eksim yaitu petai cina, daun kecubung, krokot, kunyit, daun mimba, daun ketepeng kebo, biji jintan hitam, madu, dan sebagainya. Penggunaan herbal tersebut dapat dengan menumbuknya sampai halus (bisa dicampur dengan kapur sirih dan garam) kemudian dioleskan pada kulit yang sakit, atau dapat juga dengan merebus tanaman tersebut kemudian air rebusannya digunakan untuk mandi. Untuk penyakit eksim yang kering jangan diberi madu karena madu dapat mengeringkan, tetapi berilah minyak jintan hitam yang dihangatkan.

Sedangkan eksim yang masih basah jangan diberi minyak, tetapi diberi madu supaya cepat kering dan tidak mengeluarkan air. Sebelum mengobati eksim hendaknya dicari dulu apa penyebabnya, apakah karena stres, alergi, atau yang lain. Jika penyebabnya tidak dihilangkan, walau eksim diobati maka dapat kambuh lagi. Oleh karena itu semua hal yang dapat menyebabkan alergi sebaiknya dihindari supaya penyakit eksim tidak kambuh.

Leave a Reply

  

  

  

4